10.Usaha Dari Pengalaman

Dari judulnya, anda mungkin akan bertanya-tanya tentang maksud dan tujuan dari judul tersebut. Untuk Itu tidak ada salahnya jika sekiranya anda betul-betul mau membaca artikel ini hingga selesai yang menurut saya sangat berguna bagi orang-orang yang berminat membuka usaha.
Membuka usaha sendiri mungkin sebagian orang ingin melakukannya apalagi yang belum mendapatkan pekerjaan tetap.Sudah keluar masuk kantor untuk melamar pekerjaan tapi belum juga ada panggilan kerja,alhasil si galau dan si cemas datang menghampiri.Apalagi jika kita masih mengontrak rumah dan pemilik rumah kontrakan sebentar lagi akan datang menagih uang sewah rumah. Kalau si pemilik rumah kontrakan ada kebijaksanaan sih tidak apa-apa, Bagaimana kalau dia ngotot, jadinya pusing kepala.

Sebetulnya jika punya kemauan hal-hal seperti diatas bisa kita atasi kalau ada kemauan bekerja, selama rasa gengsi dan malu dapat kita singkirkan dari pikiran yang terpenting pekerjaan itu halal. Misalnya menjadi tukang cuci, atau tukang bersih rumah tetangga dan pekerjaan ini biasanya yang berjenis kelamin perempuan. Adapun pekerjaan untuk kaum pria bisa menjadi kuli bangunan atau tukang cuci mobil...Trus apa hubungannya dengan usaha yang akan saya jalankan?,

Sebelum saya menjelaskan terlebih dulu saya akan bertanya "Apakah anda pernah mendengar atau melihat usaha loundry, agen asisten rumah tangga, usaha pencucian motor dan mobil atau kontraktor?
Nah..Dari pekerjaan yang pernah dikerjakan tentu ada pengalaman yang di dapatkan sehingga ketika memulai usaha akan mudah di terapkan, karena usaha tanpa pengalaman sebelumnya pasti sulit di manage, kecuali orang yang memiliki modal cukup yang bisa menggaji karyawan di awal usaha.

USAHA DARI PENGALAMAN:

1.Usaha Loundry

Usaha loundry termasuk salah satu usaha di bidang jasa yang  berpeluang dan cocok di lakukan di wilayah perkotaan, karena  kesibukan bekerja orang-orang yang tinggal di perkotaan lebih memilih mencuci pakaian mereka di loundry.Dengan bermodalkan mesin cuci, setrika atau penggosok dan alat timbang pakaian usaha loundry sudah dapat di jadikan  bisnis rumahan.

2.Agen Asisten Rumah Tangga

Dengan modal pengalaman dari tukang bersih rumah, anda sudah bisa menjalankan usaha agen rumah tangga sehingga dalam merekrut karyawan/karyawati  bisa diarahkan atau diberi petunjak kepada bawahannya hal-hal apa saja yang dilarang atau di bolehkan ketika bekerja sebagai asisten rumah tangga.

3.Usaha Pencucian Mobil dan Motor

Tingginya keinginan masyarakat untuk memiliki kendaraan, apakah itu mobil maupun motor, menjadikan peluang usaha dalam bidang jasa ini termasuk sangat menjanjikan penghasilan tanpa ada risiko kerugian. Karena usaha ini sistemnya adalah sistem bagi hasil  dengan karyawan, hanya bermodalkan sebuah kompresor anda sudah bisa menggeluti usaha ini.

4.Kontraktor atau Pemborong

Bagaimana rasanya ketika anda jadi pengusaha kontruksi, yang awalnya cuma kuli bangunan mendadak jadi pengusaha,,apakah anda bangga ???
Sebenarnya cerita ini berawal ketika saya pertama kalinya merantau ke kota Balikpapan. Saat itu di dalam mobil kijang LX kalau tidak salah dan di dalam mobil itu kami (waktu itu ada beberapa orang) dan bos pemilik perusahaan tempat kami bekerja, bercerita tentang ketika pertama kalinya dia datang ke kota Balikpapan dari surabaya dia bingung mau kerja apa, sementara uang saku mulai menipis dan pada akhirnya bos kami itu memutuskan untuk menjadi kuli bangunan. Singkat cerita diapun akhirnya memberanikan diri untuk mengambil sebuah proyek perumahan satu unit dan segera memanggil tenaga kerja untuk melaksanakan proyeknya itu.(Disini dia cuma cari untung dari harga borongan perumahan itu dan belum jadi kontraktor). Dari proyek borongan kecil itu dan akhirnya sekarang dia menjadi seorang kontraktor ternama di kota Balikpapan.(cerita ini sebenarnya panjang kalau di tulis bisa beberapa halaman)

5.Pengalaman mekanik motor
Anda punya keahlian utak-atik mesin kendaraan motor?, Usaha mendirikan bengkel adalah tempat yang cocok untuk usaha

6.Usaha warung makan
7.Usaha servis barang-barang elektronik
8.Usaha servis AC
9.Usaha servis handphone
10.Usaha mobiler

Itulah hal-hal yang menjadikan dari pengalaman kerja menjadi pengusaha
Previous
Next Post »